contoh RPP Bahasa Arab MI kelas 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             : MI Ma’arif Lebaksiu
Mata Pelajaran            : BAHASA ARAB
Kelas / Semester         : 4/ I
Alokasi Waktu            : 1x10 ( 1xPertemuan )
Materi Pokok              : أَعْضاَءُ اْلجسْم
I.     Kompetensi Inti (KI)
KI – 1
KI – 2


KI – 3



KI – 4

Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama Islam.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,  peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan   menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

II.   Kompetensi Dasar (KD)
1.1  Memahami dan menggunakan bentuk kata, frasa, dan kalimat   sederhana terkait topik :
أعْضَاءُ اْلجسم
III.   Indikator Pencapaian Materi
a.     Mampu melafalkan mufrodat tentang    أَعْضَاءُ اْلجسمdengan baik
b.    Mampu menerjemahkan mufrodat tentang     أَعْضَاءُ اْلجسمdengan benar
c.     Mampu menyebutkan anggota badan dalam Bahasa Arab dengan benar
d.    Mampu menyebutkan kedudukan anggota badan dalam Bahasa Arab dengan benar
IV.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mengalami proses belajar peserta didik dapat:
a.    melafalkan mufrodat tentang     أَعْضَاءُ اْلجسمdengan baik
b.    menerjemahkan mufrodat tentang     أَعْضَاءُ اْلجسمdengan benar
c.    mempraktekkan mufrodat  tentang     أَعْضَاءُ اْلجسمdalam keseharian dengan benar
d.    menyebutkan anggota badan dalam Bahasa Arab dengan benar
e.    Mampu menyebutkan kedudukan anggota badan dalam Bahasa Arab dengan benar
V.      Materi Pembelajaran
رَاْسٌ             = kepala
عَينٌ              = Mata
أَنْفٌ              = Hidung
أُذُنٌ               = Telinga
فَمٌّ                 =Mulut
يَدٌّ                 = Tangan
رِجْلٌ             = Kaki
VI.   Metode Pembelajaran
Syafawiyah Sam'iyah
VII. Media Pembelajaran
1.      Berbasis Audio Visual
Media visual yang menggabungkan penggunaan suara memerlukan pekerjaan  tambahan untuk memproduksinya. Salah satu pekerjaan penting yang diperlukan dalam media audio-visual adalah penulisan naskah dan storyboard yang memerlukan persiapan yang banyak, rancangan dan penelitian. Dengan media audio visual ini bertujuan agar dapat menarik dan memvotivasi sisa untuk mempelajari lebih banyak, dan disamping itu dapat menyiapkan variasi yang menarik dan perubahan-perubahan tingkat kecepatan belajar mengenai suatu pokok bahasan.
2.      Model Langsung berupa Manusia
Media ini merupakan bentuk penggunaan dari pada media visual itu sendiri, dimana siswa dapat melihat langsung apa yang dilihat serta dapat memudahkan siswa dalam mengingat suatu materi. Dengan menggunakan model langsung diharapkan siswa mampu menangkap pesan atau informasi yang disampaikan oleh guru dengan mudah.
Media ini bermanfaat khususnya bila tujuan kita adalah mengubah sikap atau ingin secara langsung terlibat dengan pemantauan pembelajaran siswa. Misalnya, media manusia dapat mengarahkan dan mempengaruhi proses belajar melalui eksplorasi terbimbing dengan menganalisis dari waktu ke waktu apa yang terjadi pada lingkungan belajar.
VIII.  Sumber Belajar
Buku Siswa Bahasa Arab Kelas 4
IX.        Proses Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan (1 menit)
a.       Guru mengucapkan salam dan menyapa siswa
b.      Guru menanyakan siswa yang tidak hadir
c.       Guru memperkenalkan topik yang akan dipelajari pada pertemuan kali ini.
2.      Kegiatan inti (8 menit)
a.       Guru mengenalkan mufrodat tentang أغضاء الجسم
b.      Setelah siswa faham tentang terjemahannya, kemudian guru menyuruh  1 siswa untuk ke depan
c.       Guru mengajak siswa untuk bernyanyi Bersama dengan melihat video yang telah di siapkan.
d.      Guru mengembangkan pembelajaran dengan Strategi (Index Card Match)Strategi ini biasanya digunakan untuk mengajarkan kata-kata atau kalimat dengan pasangannya.
Langkah-langkahnya:
1)      Siapkan kartu secara berpasangan
2)      Guru membentuk 2 kelompok dan membagikan kartu kepada masing-masing kelompok
3)      Kemudian susunlah kartu tersebut sesuai dengan pasangannya dalam waktu 1 menit
4)      Kelompok yang tercepat adalah pemenang dari permainan ini.
3.      Penutup (1 menit )
a.       Guru menutup pembelajaran dengan bacaan hamdalah
b.      Guru meyampaikan pesan-pesan
c.       Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan salam.
X.           Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3. Pedoman penskoran

I.     Penilaian
1. Sikap spiritual dan sosial
a.        Teknik Penilaian         : Observasi
b.        Bentuk Instrumen       : Lembar observasi
c.         Pedoman penskoran  : kisi-kisi
2.    Pengetahuan dan Ketrampilan
a.        Teknik Penilaian         : Observasi
b.        Bentuk Instrumen       : Lembar observasi
c.         Pedoman penskoran  : kisi-kisi
Contoh : Rubrik penilaian
a.       Mufrodat


No.

Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian


Total Skor

Ketuntasan
Tindak
Lanjut
Keaktifan
Akurasi
Pelafalan
Intonasi
T
TT
R
P
1.










2.










3.











Deskripsi
Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Keaktifan
Sangat aktif
4

Aktif
3

Aktif, tetapi masih kaku
2

Tidak aktif
1
Akurasi
Semua mufrodat dipahami
4

Sebagian besar mufrodat sudah dapat dipahami
3

Sebagian kecil mufrodat sudah dapat dipahami
2

Semua mufrodat tidak dapat dipahami
1
Pelafalan
Semua ucapan benar
4

Sebagian besar ucapan benar
3

Sebagian kecil ucapan sudah benar
2

Hampir semua ucapan tidak benar
1
Intonasi
Tekanan/irama semua kata, frasa, kalimat benar
4

Tekanan/irama sebagian besar kata benar
3

Tekanan/irama sebagian kecil kata benar
2

Tekanan/irama semua kata salah
1


Wonososbo, 18 Desember 2017

Mengetahui,                                                               
Dosen Pengampu,                                            Guru Praktek Bahasa Arab,


Chairani Astina, M.Pd                                                  Siti NurAzizah








Comments

Popular Posts